Kasus smartphone tidak bisa masuk ke sistem Android biasanya dikarenakan sistem Android tersebut telah diutak-atik atau di ROOT.

ROOT Android adalah proses pemberian hak akses penuh (tak terbatas) terhadap pengguna untuk dapat mengakses sistem OS Android dalam mode super user, dengan begitu user dapat melakukan Kustomisasi baik itu tuning performa OS, mengubah, bahkan menghapus apa saja yang ada pada sistem Android itu sendiri.

Jika smartphone belum diutak-atik (belum di ROOT) jarang sekali / bahkan bisa dikatakan tidak pernah terjadi akan ada masalah seperti itu. Kalaupun ada virus yang menyebabkan masalah tersebut sehingga smartphone sulit dioperasikan, bisa langsung dilakukan RESET FACTORY baik melalui menu SETTING ataupun masuk kedalam RECOVERY MODE.

Pada kasus kali ini, saya akan membagi pengalaman berkaitan dengan smartphone Asus Zenfone 2 yang telah saya ROOT dan telah diupdate RECOVERY MODE-nya ke CWM (ClockworkMode) Recovery.

Setelah proses ROOT dan update ke CWM Recovery terssbut selesai, pemakaiannya normal seperti biasanya, tidak ditemukan masalah. Tetapi setelah muncul informasi dari server Asus bahwa ada update Firmware terbaru, maka saya langsung berpikir bahwa ini harus diupdate.

Padahal sesuai informasi dari Asus sebelumnya bahwasanya smartphone Asus Zenfone yang telah di ROOT jika ingin diupdate Firmware-nya maka harus di UNROOT.

Setelah update Firmware selesai, smartphone secara otomatis melakukan restart, lalu… kemudiaaannnn…. duaaarrrrr… MUNCULLAH MASALAH seperti diatas yaitu tidak bisa masuk ke sistem Android. Bingung… waduh… kacau ini… @#$&*%!!!???

asus zenfone bootloop

… proses berhenti pada tanda lingkaran putus2 yang terus berputar… berputar terus… terus berputar… ndak tau sampai kapan jika smartphone tersebut dibiarkan…

Pendek cerita… dibawah ini adalah solusinya…

  1. Siapkan SD Card (kalau sudah ada ya… ya udah) ini sangat penting,
  2. Gunakan smartphone lainnya (bisa pinjam) atau pakai laptop, dan download Firmware terbaru dari website Asus, klik Download Driver & Tools. Pada link tersebut ada beberapa pilihan, pilihlah OS Android, setelah itu ada beberapa pilihan, dan pilih Firmware, carilah link download yang sesuai dg kode smartphone Anda (ZE551ML) jangan sampai salah ya…,
  3. Simpan hasil download tersebut ke dalam SD Card yang telah Anda siapkan sebelumnya,
  4. Masukkan SD Card tersebut kedalam smartphone yang bermasalah tadi,
  5. Hidupkan smartphone yang bermasalah tsb dengan menekan bersama-sama tombol POWER + VOLUME UP, maka akan masuk kedalam RECOVERY MODE (CWM), usahakan bisa masuk ya… kalau belum bisa masuk coba terus… OK,
  6. Pilih menu Wipe Cache, Wipe Data, dengan cara menekan tombol volume up untuk menggerakkan pilihan keatas dan volume down untuk menggerakkan pilihan kebawah, tombol power untuk memilih,
  7. Kemudian pilih menu Install zip from SDCard, cari file firmware yang telah Anda download tadi (item 2), dan tekan tombol power untuk memilih,
  8. Jika proses flash berhasil, maka akan kembali ke menu pilihan tadi, dan pilih menu Restart,
  9. Proses tersebut setelah saya lakukan sampai selesai, Alhamdulillah smartphone kembali seperti sedia kala saat pertama kali dibeli. ROOT hilang. CWM Recovery masih ada.

cwm-menu

Jika dalam proses tsb mengalami kegagalan, cobalah baca informasi/message apa yang muncul, dan carilah solusinya di internet, mungkin ada masalah lain di smartphone Anda. Mungkin juga masalah hardware.

Selamat mencoba dan semoga berhasil.

 

Advertisements