Tags

, ,


Tehnologi smartphone dengan androidnya telah memberikan banyak manfaat bagi manusia. Tidak hanya untuk telepon atau SMS saja, tetapi manfaat lainnya yang sering digunakan adalah browsing dan chatting, mencari dan saling berbagi informasi. Main game, memutar musik, melihat film, sampai nonton channel televisi favorit. Dan banyak lagi manfaat lainnya yang bisa didapatkan.

Smartphone bukan lagi barang mewah atau mahal walau demikian ada beberapa smartphone yang seharga puluhan juta rupiah, akan tetapi dikalangan buruh atau pekerja kasar-pun sudah banyak yang memilikinya. Dari smartphone murah meriah dengan harga dibawah satu jutaan sampai dengan harga 1-2-3 jutaan.

Kalangan pelajar, anak-anak muda, ABG, bahkan anak SD pun sudah banyak yang memakainya. Jadi tidak heran kalau smartphone sudah menjadi barang yang “wajib” dimiliki.

Dengan banyaknya smartphone dikalangan masyarakat, muncullah masalah baru. Masalah yang sering muncul salah satunya adalah hilang atau lupa meletakkan dimana smartphonenya.

Android dan beberapa smartphone sudah mengantisipasi masalah tersebut. Android dengan Device Manager-nya dan beberapa smartphone dengan featurenya masing-masing, semisal Himax Polymer Octacore dengan feature “Mobile anti-theft”-nya, Samsung dengan feature “Remote Control”-nya. Feature-feature tersebut bisa membantu melacak keberadaan smartphone Anda yang hilang atau lupa dimana meletakkannya.

Dalam tulisan ini, saya akan menjelaskan cara menggunakan atau memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh Android yaitu Device Manager.

Menambahkan Account Google

Sebelum melangkah kesana, Anda harus menambah Account Google di smartphone Anda, caranya: masuk ke Settings, dibawah ACCOUNTS tap atau sentuh “+ Add account”, setelah itu ikuti proses penambahan account. Anda juga bisa langsung buat account baru disitu. Jika sudah selesai maka akan muncul alamat email Anda, seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Add accounts google

Android Device Manager

Android Device Manager bisa digunakan untuk mencari smartphone yang hilang yaitu dengan menunjukkan lokasinya. Fungsi lainnya adalah mengunci smartphone Anda jika sudah terdeteksi keberadaannya, juga membunyikan ring-tone, serta menghapus apapun yang ada didalamnya.

Sebelum fungsi-fungsi tersebut bisa digunakan, Anda harus men-setting smartphone Anda. Langkah-langkah yang harus Anda lakukan adalah:

  • Aktifkan Android Device Manager

Masuk ke menu Setting, dibawah PERSONAL sentuh menu Security. Masing-masing merk smartphone memiliki menu berbeda (dalam contoh ini, saya menggunakan Himax Polymer Octacore) dalam menu Security pilih menu Device Administrators, dan centang Android Device Manager.

Mengaktifkan Android Device Manager

  • Aktifkan Akses Lokasi

Langkah berikutnya, Anda harus aktifkan untuk akses “Location”, agar posisi smartphone Anda bisa ditracking.

Aktifkan lokasi

  • Pastikan langkah 1 dan 2 telah berfungsi

Setelah Anda mengaktifkan kedua cara diatas, maka Anda harus memastikan bahwa setting tersebut telah bekerja dengan baik. Untuk melakukan pengecekan atau tracking posisi smartphone Anda, masuklah ke website Google (Android Device Manager) atau bisa juga ke http://www.android.com/devicemanager.

Loginlah menggunakan account google yang Anda gunakan di smartphone Anda tadi:

Login Device Manager

Jika Anda sukses login, maka Anda akan masuk ke halaman depan Android Device Manager seperti tampilan dibawah ini:

Android Ddevice Manager

Tampilan diatas menunjukkan bahwa smartphone Anda berhasil di deteksi keberadaanya.

  • Ring

Fasilitas Ring ini akan mengirimkan perintah ke smartphone Anda untuk mengaktifkan bunyi dengan volume penuh selama 5 menit (bahkan jika smartphone telah diatur ke silent (diam) atau bergetar).

  • Lock

Fasilitas ini akan mengirimkan perintah ke smartphone Anda untuk mengaktifkan mode Lock (perangkat terkunci) dengan password jika Anda memberikan password / PIN.

Dibawah ini contoh permintaan untuk nge-lock smartphone Anda, isilah semuannya: Password, Message, Phone number, setelah itu klik tombol Lock:

Lock screen

Setelah proses permintaan untuk lock berhasil, maka dilayar akan tampil informasi bahwa permintaan untuk mengunci perangkat telah berhasil terkirim:
Sent lock success

Di perangkat Anda akan tampil informasi seperti dibawah ini:
Tampilan smartphone terlockJika perangkat tsb dipaksa untuk dibuka, maka permintaan untuk memasukkan PIN akan muncul:

Enter PIN

 

  • Erase

Permintaan untuk menghapus perangkat akan menghapus secara permanen semua data Anda (kembali ke Factory Reset). Android Device Manager tidak dapat menghapus isi dari SD-Card pada perangkat. Setelah perangkat terhapus, Android Device Manager tidak akan lagi bisa bekerja seperti di atas.

Semoga bermanfaat.

Sumber: beberapa dikutip dari Google.com

Advertisements