Tags

,


Pagi ini (Rabu, 7 April 2010), salah satu server dikantor mengalami masalah, masalah yang selama ini belum pernah saya temui.

Awalnya dari teman-teman dikantor, yang sebagian besar file Microsoft Outlook-nya diletakkan di server, mereka mengatakan bahwa emailnya error. Tanpa pikir panjang saya cek mail server-nya, ternyata tidak ada masalah. Kemudian saya cek salah satu komputer untuk mengakses email-nya, ternyata Microsoft Outlook tidak menemukan folder dimana file PST-nya berada / tersimpan (selama ini file PST diletakkan di folder yang di sharing disalah satu server).

Pengecekan berikutnya adalah masuk ke Server sebagai Administrator, ternyata disana seluruh folder yang di sharing selama ini status sharing foldernya hilang semua. Ahh… tidak apalah, kan bisa dibuat lagi… saya coba untuk membuat lagi sharing folder satu per satu, ternyata menu “Sharing and Security”-nya tidak ada… ada apalagi ini… @#$??!@#!!!…

Gambar 1: Menu Sharing Security Hilang

Hampir satu jam-an saya cari penyebabnya, dan akhirnya malah menemukan solusi-nya yaitu dengan mengaktifkannya maka semua sharing folder tersebut akan muncul kembali.

Berikut adalah solusinya:

Penyebab dari hilang-nya menu Sharing Folder di “klik kanan folder” (Gambar 1) dikarenakan service untuk Server tidak jalan (Gambar 2).

Gambar 2: Service Server Tidak Aktif

Untuk itu service Server tersebut harus dijalankan (Gambar 2) dengan mengklik tombol “Start the service”.

Setelah service untuk Server tersebut sudah dijalankan (Gambar 3), sharing folder yang sebelumnya hilang, akan muncul kembali seperti sedia kala (Gambar 4). Alhamdulillaaah…

Gambar 3: Service untuk Server Sudah Running

Kalau dicoba mengklik kanan di salah satu folder maka akan tampil menu Sharing and Security-nya (Gambar 4).

Gambar 4: Menu "Sharing and Security" sudah muncul kembali.

Tuntas sudah satu masalah.

Alhamdulillahirabbilaalamiin…

🙂

Advertisements